Menu
Blog My Account

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Yuk, Minum Susu di Gelas!

Wednesday, July 10, 2013 4:00:00 PM Asia/Bangkok

Yuk, Bu, ajak Si Kecil minum susu di gelas. Memang terkadang tidak mudah untuk mengajak anak-anak minum susu dari gelas, apalagi bagi anak yang memang belum terbiasa. Bagaimana caranya? Seperti juga hal-hal lain yang baru diperkenalkan kepada anak, tentunya hal ini juga memerlukan waktu dan proses. Sebelum memulai usaha mengajak si Kecil minum dari gelas tentu Ibu perlu tau manfaat minum susu di gelas. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat minum susu di gelas:

1. Terjaminnya kebersihan dan kehigienisan Gelas merupakan media yang baik untuk menampung berbagai cairan, seperti air putih, teh, susu, dll. Gelas aman digunakan untuk minum karena dimensinya berbentuk tabung terbuka, sehingga mudah dibersihkan.

2. Menjaga struktur gigi anak, sehingga dapat tumbuh dengan rapi Ibu mana sih yang tidak bahagia melihat anak tersenyum lebar dan “memamerkan” giginya yang sehat dan rapi? Maka mulailah untuk melatih anak makan makanan yang bergizi, batasi makanan yang manis, rajin menyikat gigi, dan mengajaknya untuk minum di gelas tentunya.

3. Anak menjadi lebih mandiri dan tidak ketergantungan Dari proses pembiasaan minum susu di gelas, anak juga akan belajar untuk duduk dan memegang gelasnya sendiri tanpa bantuan orang dewasa.

Lalu, bagaimana sebaiknya cara membiasakan anak minum dari gelas sehingga prosesnya menjadi lancar dan menyenangkan bagi anak juga bagi Ibu? Yuk simak beberapa kiat berikut ini:

1. Mulai memperkenalkan minum susu langsung dengan gelas. Tetapi jangan memaksa anak bila ia sulit minum susu di gelas, ajaklah dengan lembut dan belailah anak dengan kasih sayang. Bila awalnya anak masih menolak, Ibu bisa mulai dengan membantu anak minum susu dengan bantuan sendok dahulu. 2. Buatlah suasana yang menyenangkan saat minum susu, sehingga anak semakin bersemangat minum susu. 3. Gunakan gelas yang terbuat dari bahan yang aman. Gelas plastik cocok digunakan untuk anak, agar tidak mudah pecah apabila terjatuh. 4. Sebaiknya gunakan gelas dengan motif dan warna yang menarik agar anak tertarik untuk minum susu. Gelas dengan gambar karakter kesukaan anak biasanya membuat anak bersemangat. 5. Jika menggunakan gelas transparan, tempelkan gambar menarik di bagian bawah gelas. Di bagian luar gelas tentunya, yang gambarnya baru bisa dilihat anak apabila ia sudah menghabiskan susunya. 6. Jangan menyeduh susu dengan air panas, karena anak akan kesulitan dalam memegang gelas selain itu kesulitan pula untuk meminumnya. 7. Sebanyak mungkin tunjukkan contoh di hadapannya tentang minum di gelas. Anak-anak akan meniru apa yang kita lakukan. Anak-anak selalu berhasil mencontoh apa yang kita lakukan. 8. Menunjukkan contoh anak lain yang sudah pakai gelas juga proses yang penting asalkan didukung dengan motivasi. Kita menunjukkan contoh untuk memotivasi, bukan sebagai alat untuk menghina atau merendahkan. 9. Berilah penghargaan yang dapat memperkuat kebanggaannya karena mampu minum dari gelas sendiri. Kata-kata pujian bisa membuat anak bertambah semangat.

Walaupun cara-cara di atas mungkin tidak langsung berhasil, tetapi intinya ada proses yang kita tempuh untuk menghantarkan anak minum pakai gelas. Proses inilah yang penting dan kunci dari keberhasilan menjalankan proses tentunya adalah kesabaran dari pihak Ibu. Selamat menjalankan proses! :)

This entry was posted in Balita and tagged

Share this article on

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.

click here to log in