Menu
Blog My Account

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Tanya Dokter: Apakah Anak Saya Terserang Virus?

Thursday, May 2, 2013 9:33:32 AM Asia/Bangkok | 3 Comments

Pertanyaan:

Hi Dokter Bilna, anak saya yang berusia 4 tahun, sering mengalami gatal di seluruh tubuh,mhingga membekas dan berwarna hitam. Hal serupa juga terjadi pada anak saya yang berusia 2 bulan. Apakah anak-anak saya terserang virus? - Ibu Rita

Jawaban dari dr. Adi Suryanto, SpA

Dari riwayat yang ibu sampaikan, tampaknya kedua anak ibu mempunyai faktor alergi. Dalam bahasa medis, penyakit ini dikenal dengan sebutan Dermatitis Atopi. Alergi terjadi, akibat menurun atau kegagalan kekebalan tubuh. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing. Pada kebanyakan kasus alergi, seseorang akan mengalami gejala, antara lain kulit yang bentol disertai rasa gatal. Bila gatal itu digaruk, maka akan menimbulkan infeksi. Sebagai bentuk pencegahan terhadap alergi, ibu dapat melakukan beberapa hal berikut: • Jagalah kebersihan lingkungan. Tumpukan debu atau bulu hewan peliharaan dapat memicu terjadinya alergi. • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang menimbulkan reaksi alergi. Termasuk di antaranya mengetahui sejumlah obat yang akan bereaksi berlebihan terhadap tubuh. • Untuk pencegahan alergi secara permanen, temukan pencetusnya, dan usahakan untuk menghindari apapun yang dapat menimbulkan alergi tersebut. • Konsultasikan dengan dokter spesialis, karena tiap penderita alergi membutuhkan perawatan yang berbeda. Beberapa rumah sakit, salah satunya Siloam Hospitals, menyediakan tes pemeriksaan bagi pasien yang ingin mengetahui indikasi alergi.

This entry was posted in Anak and tagged

Share this article on

Leave A Response

hermin

      posted on Thursday, May 2, 2013 9:29:34 PM Asia/Bangkok
halo...salam ibu Rita dan dr.Adi,boleh numpang tanya nih?
anak saya berumur 3 tahun juga mengalami masalah tg sama,tp area gatalnya d daerah pantat dan kaki,seperti melepuh dan mengeluarkan cairan,dia selalu menggaruk sampai luka dan akhirnya infeksi sampai menyebar kemana mana,udah k dokter katanya terkena virus,tapi obatnya kok tidak mempan,sudah hampir 1 bulan,kasihan banget ngelihatnya,kira kira bagaimana ya dok?saya bingung mohon bantuannya,terima kasih

melita selviasari

      posted on Thursday, May 2, 2013 11:25:52 AM Asia/Bangkok
qu mo tnya, knpa yah anak'qu 19bln ska bgt kaki'y bntol2 gthu tpi bsar kya bisul tpi gak bentor tuh gtal bgt n ksar klo udh gak da jtoh'y item d'kaki itu d'ksh apa yah biar gak item, n itu sebenar'y bisul pa bkan?

vanie

      posted on Thursday, May 2, 2013 10:48:49 AM Asia/Bangkok
hai...salam kenal
saya mau konsultasi nich...
saya punya anak 2 satu cewek dua cowok..cewek usia 3 tahun 6 bulan cowok 1 tahun 7 bulan...
yang mau q tanyain
1. untuk anakq yg cowok ini kulitnya kok sensitif banget ya...di sekitar pantatnyaatau sekitar ruam popok tu kena keringat dikit aja langsung timbul bintik - bintik merah n gatal,sering kali digaruk sampai luka..
apakah saya harus ganti merk pempesnya atau dikasih bedah apa gitu biar bintik-bintik trsebut tidak menimbulkan gatal
untuk pencegahan selama ini saya sudah sesering mungkin ( setiap kali dia berkeringat ) selalu saya kasih berdak gatal..
2. kemarin malem tu disekitar hidung kedua anakq timbul bintik - bintik merah seperti jerwat gitu...apakah itu berbahaya ?apa karena keringat

You must be logged in to post a comment.

click here to log in