Menu
Blog My Account
View Cart(0) Checkout Blog

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Membentuk Karakter Anak yang Rapi dan Bersih

Friday, December 20, 2013 10:19:04 PM Asia/Bangkok

Memiliki buah hati berarti harus siap-siap kerja keras membentuk karakter anak juga. Sikap buah hati setiap hari ditentukan oleh bagaimana Anda mendidiknya. Orang tua pada umumnya menginginkan buah hati memiliki karakter cinta kebersihan sehingga mewajibkan anak-anak untuk merapikan benda-benda milik mereka dan membuat keadaan di dalam rumah tetap tertata. Namun tidak semua anak-anak terlahir dengan karakter bawaan tersebut. Ada beberapa anak yang susah sekali diajak bekerja sama menata perlengkapan dan menjaga kebersihan rumah.

 

Sejumlah ahli psikologi anak telah memberikan beberapa solusi dan tips yang bisa Anda terapkan di rumah agar karakter anak berubah sehingga ia lebih tertata dan rapi. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan memulai didikan menjaga kerapian rumah sedini mungkin. Mulailah dengan mengajarkan buah hati untuk bisa mandiri menata perlengkapannya sendiri di usia 5 tahun. Batasi jumlah barang anak agar ia tidak malas untuk membersihkannya setelah selesai menggunakan. Segera ajak si kecil untuk langsung membersihkan benda apapun yang telah dipakai. Ayah, ibu dan kakak juga harus bekerja sama untuk mengatur barang sebelum menggunakan barang lainnya. Ajarkan buah hati tentang kedisiplinan ‘semua barang memiliki tempatnya masing-masing’.

 

Jika Anda ingin membentuk karakter anak yang cinta kebersihan, ada baiknya untuk menyediakan gantungan atau tempat khusus mainan dan perlengkapan mereka. Jika tidak memadai, tempatkan semua barang anak di kamar pribadinya agar ia mengerti bahwa kamar dan barang-barang tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab mereka. Buatlah tempat mainan tersebut lebih menarik dengan gambar yang merepresentasikan jenis barangnya. Misalnya, tempelkan stiker bola untuk kotak khusus bola. Hal ini memudahkan Anda mendidik buah hati yang belum bisa membaca. Untuk pakaian, fasilitasi anak-anak dengan memberinya lemari kecil untuk pakaian. Lemari anak tidak perlu berukuran besar karena kebutuhan anak akan mudah berganti seiring dengan pertumbuhan mereka.

 

Hal paling penting ketika membentuk karakter anak yang cinta kerapian adalah dengan memberikan contoh nyata setiap hari. Anak-anak belajar dengan melihat perilaku orang-orang di sekitarnya. Selain membereskan perlengkapan milik pribadi, ajak si kecil untuk membereskan benda-benda habis pakai seperti mencuci piring dan menyapu. Proses pembentukan karakter anak ini juga dipengaruhi oleh kemampuannya dan permintaan orang tua. Ada beberapa orang tua yang memiliki sifat perfeksionis tentang kebersihan sehingga si kecil malah ingin memberontak daripada mengikuti aturan. Memberikan konsekuensi berupa hukuman karena tidak bisa menjaga kerapian merupakan hal yang baik. Namun, Anda juga harus memberikan penghargaan sekecil apapun terhadap kerja keras buah hati. Jika si kecil sudah berusaha dan hasilnya adalah kamar yang cukup rapi, hal tersebut sudah merupakan hasil yang baik dari karakter anak yang cinta kebersihan dan bertanggung jawab.

This entry was posted in Anak and tagged

Share this article on

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.

click here to log in