Menu
Blog My Account
View Cart(0) Checkout Blog

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Hewan Peliharaan untuk Si Kecil

Wednesday, January 9, 2013 10:47:56 AM Asia/Bangkok | 3 Comments

Berpikir untuk membelikan anak Anda hewan peliharaan? Masih berpikir dan menimbang-nimbang banyak hal? Sebenarnya boleh tidak memelihara hewan peliharaan saat anak Anda masih kecil? Boleh-boleh saja, kok Moms. Ada banyak sekali hal baik yang bisa Anda tanamkan pada anak dengan memiliki hewan peliharaan. Berikut di antaranya:

  1. Belajar bertanggung jawab.  Merawat hewan peliharaan, seperti memberi makan atau mengajaknya bermain, akan membuat anak belajar bertanggung jawab pada kelangsungan hidup hewan peliharaannya.
  2. Mengenal proses kehidupan. Merawat hewan peliharaan akan membuat anak mengenal perkembangan makhluk hidup, mulai dari hewan itu kecil, tumbuh besar, hingga akhirnya berkembang biak.
  3. Menumbuhkan rasa kasih sayang. Memelihara hewan peliharaan tentu akan menumbuhkan rasa kasih sayang pada hewan tersebut. Dan bukan tak mungkin jika si kecil pun kelak akan tumbuh menjadi anak yang penyayang.
  4. Mengurangi stress. Hewan peliharaan akan menjadi teman si kecil. Bukan tak mungkin ia pun akan menjadikan hewan ini sebagai ‘teman curhat’ atau teman bermainnya.

Setelah mengetahui manfaat hewan peliharaan untuk si kecil, pastikan Anda memilih jenis hewan yang tepat untuknya. Berikut panduannya menurut drh. Erdwin Satiya Dharma, kepala Rumah Sakit Hewan Jakarta:

  1. Anjing. Anjing termasuk jenis hewan yang pintar dan bisa diajak bermain. Cocok untuk diberikan pada anak mulai usia 4 tahun. Untuk menjaga kebersihannya, pastikan Anda melatih hewan peliharaan ini untuk membuang kotorannya di tempat yang telah ditentukan. Dan jangan lupa untuk memandikannya setiap minggu dengan air hangat dan sampo khusus anjing, serta membersihkan gigi dan telinganya.
  2. Kucing. Sama seperti anjing, kucing adalah hewan yang mudah diajak bermain. Cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Siapkan boks khusus untuk membuang kotoran, dan latih kucing peliharaan untuk terbiasa membuang kotoran di boks tersebut.
  3. Kelinci. Hewan ini lucu, tidak berbau, dan sangat jinak. Cocok untuk diberikan pada anak usia 7 tahun ke bawah. Hanya saja, bila tidak diawasi, kelinci dapat melompat dan berlari sembarangan hingga kabur dari kandangnya.
  4. Hamster. Hewan ini juga cukup mudah dirawat. Cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas. Anda cukup menyediakan kandang yang nyaman, yang dilengkapi dengan permainan, seperti roda berputar, agar hewan tersebut tidak bosan.
  5. Ikan. Hewan ini sudah bisa Anda berikan sejak si kecil berusia 1 tahun. Si kecil bisa melihat-lihat ikan tersebut berenang di akuarium, meski tidak bisa memegangnya. Pilih akuarium dengan ketinggian yang memungkinkan si kecil untuk membantu memberi makan ikan peliharaannya.

 

This entry was posted in Anak and tagged

Share this article on

Leave A Response

bundarevaza

      posted on Tuesday, February 5, 2013 10:38:17 AM Asia/Bangkok
anak kedua saya suka banget sama kucing....terima kasih artikelnya

pr@bilna.com

      posted on Monday, February 4, 2013 10:41:59 AM Asia/Bangkok
Sama-sama Moms Endah.. Jangan lupa membaca artikel lainnya yah :)

endah

      posted on Thursday, January 17, 2013 11:54:55 AM Asia/Bangkok
si kecil suka dengan ikan dan suka memberi makan ikan, thanks artikelnya :)

You must be logged in to post a comment.

click here to log in