Menu
Blog My Account
View Cart(0) Checkout Blog

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Tips Sehat Mengatur Pola Makan Selama Kehamilan

Friday, January 17, 2014 9:00:15 PM Asia/Bangkok

Bagi seorang wanita, kehamilan menjadi hal yang sangat ditunggu kedatangannya. Begitu mengetahui Anda sedang mengandung janin buah cinta dengan pasangan, mungkin tidak ada hal lain yang akan mengalahkan kegembiraan ini. Demikian hari Anda selama 9 bulan dipenuhi dengan berbagai hal terkait kehamilan. Berbicara mengenai kehamilan pertama, kedua, dan seterusnya, terdapat berbagai hal yang harus disiapkan selama masa-masa mengandung termasuk asupan nutrisi. Masalahnya masih ada saja para wanita yang kurang bisa mengatur pola makannya sehingga tips sehat saat hamil menjadi incaran pembahasan.

 

Hampir seluruh wanita hamil membutuhkan asupan protein, vitamin, mineral, serta kalori yang lebih selama masa kehamilan. Jika merasa pola makan Anda selama ini buruk, mungkin belajar mengaplikasikan pola makan yang lebih sehat adalah hal paling terbaik yang bisa Anda lakukan untuk si calon bayi.

 

Walaupun begitu, Anda harus ingat bahwa pola makan baik bukan berarti makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Apabila di awal kehamilan telah memiliki berat badan ideal, seorang wanita hamil tidak membutuhkan kalori lebih setidaknya pada trimester pertama. Kemudian, menurut beberapa tips sehat seputar kehamilan, Anda akan membutuhkan 300 kalori tambahan selama trimester kedua, dan 450kalori/hari pada trimester ketiga. Perlu diketahui bahwa estimasi kalori tersebut bergantung pada berat tubuh masing-masing wanita hamil. Sehingga apabila Anda mengalami kegemukan atau kekurangan berat badan, asupan kalori Anda bisa lebih atau kurang dari perkiraan diatas.

 

Asupan nutrisi yang baik selama kehamilan sangat diperlukan untuk membantu calon bayi tumbuh dan berkembang. Selain itu, asupan nutrisi yang cukup juga membantu wanita hamil menjalani masa kehamilan dengan sehat. Oleh karena itu, pola makan seimbang harus selalu diperhatikan. Berbicara mengenai pola makan yang cocok untuk ibu hamil, berikut adalah beberapa tips sehat yang sebaiknya Anda cermati untuk mengatur pola makan wanita hamil.

 

Tips sehat pertama yang dapat diaplikasikan adalah mengonsumsi makanan yang bervariasi. Hal ini disebabkan makan makanan yang bervariasi membuat Anda mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah gandum, buah, sayuran, susu, dan produk-produk yang mengandung protein (daging, telur, kacang, atau ikan). 2. Tips sehat kedua untuk ibu hamil adalah memakan makanan dalam porsi kecil namun sering. Jika gejala kehamilan seperti mual, muntah, atau heartburn menyebabkan nafsu makan hilang, Anda dapat melakukan modifikasi pada jadwal makan. Anda bisa mencoba membuat jadwal makan menjadi 5 atau 6 kali per hari dengan porsi kecil. 3. Pastikan Anda mendapatkan segala asupan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam hal ini suplemen kehamilan adalah hal yang dapat membantu Anda memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Untuk jenis suplemen yang dibutuhkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter pribadi. 4. Selama hamil, Anda tidak perlu berhenti memakan segala menu favorit seperti gorengan, keripik, atau pudding yang manis. Seorang wanita hamil dapat saja memasukkan makanan jenis ini dalam menu dietnya. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa makanan semacam ini harus dikonsumsi secukupnya saja dan tidak terlalu sering.

 

Demikian beberapa tips dan kiat sehat yang dapat digunakan untuk membangun pola makan sehat selama kehamilan. Jadi, sudah benarkah pola makan Anda?

This entry was posted in Kehamilan and tagged

Share this article on

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.

click here to log in