Menu
Blog My Account
View Cart(0) Checkout Blog

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Pilih Sabun Cair atau Sabun Batangan

Tuesday, June 18, 2013 3:48:50 PM Asia/Bangkok

Meskipun tidak ada catatan pasti kapan persisnya sabun ditemukan, namun sejarah mencatat Italia, Spanyol dan Perancis adalah pusat manufaktur pertama sabun. Orang Inggris mulai membuat sabun saat abad ke 12. Bisnis sabun sangat baik pada tahun 1622, Raja James I mengabulkan monopoli kepada pembuat sabun. Pada abad ke-19, sabun dikenakan pajak tertinggi sehingga sabun menjadi barang mewah di beberapa negara. Ketika pajak dihapuskan, sabun menjadi tersedia untuk orang biasa, standar kebersihan pun meningkat. Ketersediaan luas mengubah sabun dari barang mewah menjadi kebutuhan sehari-hari yang menjangkau semua lapisan masyarakat.

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pada jaman sekarang ini sabun termasuk salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan kita. Ketika mandi pagi dan sore hari maupun sekedar membasuh muka atau tangan, kita menggunakan sabun dengan alasan higienitas. Sabun yang dapat kita temui dipasaran, menurut bentuknya, pada dasarnya terbagi menjadi 2 macam, yaitu Sabun Cair dan Sabun Batangan. Lalu mana yang sebaiknya kita gunakan? Berikut Plus Minus Sabun Cair dan Sabun Batangan:

Sabun Cair + Cairan sabun dalam Sabun Cair tersimpan dalam wadah yang tertutup kemasan sehingga tidak mudah terkontaminasi kuman. + Praktis dan mudah dibawa-bawa. + Praktis dalam menggunakan sehingga lebih hemat sabun maupun air. - Harga relatif lebih mahal dari sabun batangan.

Sabun Batangan + Harganya relatif lebih murah dibandingkan sabun cair. - Sabun Batangan cenderung terbuka, sehingga memungkinkan bakteri lebih mudah untuk berkembang. - Sabun Batangan biasanya tergenang dalam wadah penyimpanan, selain memudahkan sabun batangan untuk terkontaminasi bakteri yang berbahaya, bentuknya cenderung menjadi tak karuan karena benyek. Tetapi selain memperhatikan semua kebihan dan kekurangan diatas, yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun baik itu Sabun Cair ataupun Sabun Batangan adalah kandungan pelembab yang ada di dalam sabun. Semakin banyak pelembab, mandi mungkin terasa kurang enak karena tetap merasa licin setelah dibasuh (seperti belum bersih), tapi sebenarnya ini yang bagus. Mengingat fungsi sabun yang untuk membersihkan namun tidak membuat kulit menjadi kering. -Nia

This entry was posted in Ibu and tagged

Share this article on

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.

click here to log in