Menu
Blog My Account
View Cart(0) Checkout Blog

You have no items in your shopping cart.

Care Center 021-29022090

You have no items in your shopping cart.

Ayo Menyanyi Bersama Anak!

Tuesday, April 2, 2013 8:16:32 AM Asia/Bangkok

Musik memiliki manfaat besar bagi tumbuh kembang anak. Mulai dari kandungan, musik yang diperdengarkan pada bayi dapat menstimulasi pertumbuhan otak. Bernyanyi untuk anak tidak hanya baik dilakukan pada saat anak di kandungan tapi juga baik bila dilakukan secara intens hingga anak berusia 5 tahun. Melalui bernyanyi kita juga dapat mengajak anak belajar karena menyanyi adalah aktivitas yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Bahkan terkadang tanpa diminta pun, anak akan bernyanyi dengan sendirinya. Menyenangkan bagi mereka karena mereka dapat mengekspresikan diri mereka.

Menyanyi tidak hanya dapat melatih kecerdasan musikal anak, tetapi juga dapat mengembangkan kecerdasan verbal dan emosi anak. Daya imajinasi anak, kemampuan berkreasi, kemampuan meniru, kemampuan mengingat juga dapat dilatih melalui lagu. Selain itu, anak juga dapat menambah perbendaharaan kosakata, belajar bahasa lain, serta dapat mengajarkan anak tentang suaranya sendiri yang dapat menghasilkan nada-nada rendah atau tinggi. Melalui sebuah lagu, kita juga dapat mengajarkan suatu pengajaran tentang banyak hal seperti membersihkan tempat tidur pada lagu “Bangun Tidur”.

Oleh sebab itu moms, banyak manfaat yang didapatkan anak melalui menyanyi. Apalagi bila kita terlibat di dalamnya. Dengan mengajak anak bernyanyi bersama, hubungan batin antara ibu dan anak akan lebih kuat. rasa percaya dirinya akan tumbuh untuk tampil didepan orang lain. Tidak perlu takut untuk menyanyi dengan tidak percaya diri karena kita merasa tidak memiliki suara yang merdu, karena anak belum bisa membandingkan suara anda dengan suara orang lain. Sehingga suara kita adalah suara yang paling merdu untuk anak kita.

Saat kita bernyanyi dengan anak, bernyanyilah dengan suara pelan dan penuh perasaan. Cobalah dengan tempo yang lebih lambat dan dengan suara yang lembut, sekalipun lagunya bertempo cepat. Bernyanyi dengan perasaan dan gerakan-gerakan dapat mengembangkan kecerdasan emosi / perasaan anak. Kecerdasan emosi inilah yang menentukan apakah anak pandai dalam berinteraksi dengan orang lain nantinya, maupun dalam mengolah perasaan dirinya sendiri. Bernyanyilah setiap saat, bukan hanya pada saat bermain, namun juga pada saat makan, mandi, atau berjalan-jalan. -Hei

This entry was posted in Anak and tagged

Share this article on

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.

click here to log in